SEKILAS INFO
29-11-2021
  • 1 tahun yang lalu /   Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegiatan dalam program kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum, yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender...
  • 1 tahun yang lalu / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMK NEGERI 3 BANYUMAS 2020/2021
16
Oct 2021

BELAJAR GAMELAN TIDAK HARUS MEMILIKI GAMELAN

SMK NEGERI 3 BANYUMAS

 

Penulis : Rumpoko Setyo Aji, S.Sn.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyiasati kendala agar kita masih bisa belajar gamelan di rumah, walaupun kita tidak memiliki alat instrumen gamelan. Apalagi pada saat sekarang ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, Kondisi tersebut tidak memperbolehkan kita untuk berlatih gamelan/ karawitan pada sanggar-sanggar seni atau belajar bersama di sekolah kesenian. Ada 2 cara yang dapat kita lakukan agar kita masih bisa belajar dan berlatih gamelan dari rumah yaitu:

  1. Berlatih dengan alat-alat sederhana yang bisa kita temukan di rumah.
  2. Berlatih dengan menggunakan Aplikasi Android.

 

Walaupun dengan cara-cara belajar ini masih mempunyai kekurangan, paling tidak dengan cara ini kita tetap bisa mempraktekkan/ menabuh gamelan, sehingga kita bisa terus berlatih ketrampilan dalam bermain/ belajar gamelan.

 

  1. Dengan alat-alat sederhana

Banyak alat-alat yang kita gunakan, yang kita dapatkan di sekitar kita, contohnya apabila kita akan belajar bonang kita bisa menggunakan piring/ mangkok/ gelas. Kita bisa menyusun alat-alat tersebut dengan susunan asli bonang dan menggunakan alat tabuh ranting atau kayu yang kecil. Dengan memberi tanda atau notasi angka pada piring/ mangkok/ gelas tersebut. Kita susun mangkok-mangkok tersebut seperti dengan susunan bonang yang asli. Berlatih bonang dengan menggunakan susunan piring/ mangkok/ gelas memang kita tidak bisa menemukan bunyi yang sesuai dengan notasi angka, tetapi paling tidak kita bisa menghafal posisi pencon  dan letak notasi angka pada pada tiruan gamelan tersebut (piring/ mangkok/ gelas). Sehingga suatu saat ketika kita memainkan gendhing dengan alat instrumen yang sebenarnya, kita sudah memahami letak dan notasi alat tersebut.

  1. Dengan menggunakan Aplikasi Android

Perkembangan teknologi jaman sekarang ini sangat mempermudah kita dalam belajar berbagai hal. Salah satunya untuk belajar instrument gamelan, dengan sebuah aplikasi kita dapat belajar gamelan tanpa harus harus memiliki alat musik tersebut. Pada handphone android telah tersedia aplikasi-aplikasi simulasi bermain instrument gamelan secara digital seperti: Gamelan Jv, E-Gamelan-Virtual Javanese Gamelan, Saron Virtual Instrument. Aplikasi tersebut dapat kita unduh di “google Play Store”. Pada aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai alat instrumen yang bisa kita mainkan, contohnya instrument bonang barung,bonang penerus, saron, demung, saron penerus, slenthem, ketuk kenong. Kempul-gong, gambang. Cara memainkan alat instrument digital sama persis seperti kita memainkan alat instrument langsung, hanya saja kita tidak menggunakan alat tabuh, tetapi jari kita yang harus langsung menyentuh gambar alat instrument tersebut pada layar hp, contohnya pada instrument bonang, jari kita harus menyentuh pada gambar pencon bonang sesuai dengan notasi angka yang akan kita mainkan.

Cara-cara belajar gamelan tersebut dapat dijadikan alternatif untuk tetap belajar walaupun kita tidak mempunyai alat gamelan. Sehingga kita dapat lebih memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan tetap belajar dan berlatih gamelan dengan keterbatasan sarana yang ada. Dan semoga pandemik Covid-19 secepatnya dapat hilang dari bumi Indonesia tercinta ini,  sehingga kita bisa belajar dan berlatih gamelan secara langsung bersama-sama.

SALAM BUDAYA, RAHAYU RAHAYU RAHAYU