SEKILAS INFO
29-11-2021
  • 1 tahun yang lalu /   Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegiatan dalam program kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum, yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender...
  • 1 tahun yang lalu / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMK NEGERI 3 BANYUMAS 2020/2021
17
Oct 2021

Google Class Room Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Tari Di SMK Negeri 3 Banyumas

SMK Negeri 3 Banyumas adalah salah satu sekolah kejuruan yang mempelajari tentang seni dan satu satunya di wilayah banyumas. Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik, faktor ekonomi menjadi alasan yang utama pihak sekolah mncari solusi agar pembelajaran tetap bisa di laksanakan untuk itu Team managemen kurikulum SMK N 3 Banyumas berusaha menjembatani permasalahan tersebut agar tetap bisa melayani kegiatan belajar mengajar peserta didik dengan sebaik- baiknya. Salah satu solusinya adalah penggunaan aplikasi google class room. Moda aplikasi tersebut dipilih tentunya dengan berbagai pertimbangan, salah satunya yaitu mudah diakses oleh peaserta didik dengan HP merk apapun yang penting berbasis android dan terkoneksi dengan jaringan internet. Moda aplikasi tersebut terbukti bisa memberi solusi KBM daring ditengah pandemi, dengan moda aplikasi tersebut diharapkan peserta didik tetap terlayani kegiatan belajaranya walaupun tingkat keterserapan materi tidak bisa maksimal, terutama materi-materi mata pelajaran Praktik seperti hasil kegiatan KBM ketika luring.

Google Classroom adalah suatu aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran daring pada masa pandemi covid – 19 yang dilaksanakan dari jarak jauh dan dapat digunakan di manapun, ini adalah salah satu cara untuk menerapkan anjuran dari pemerintah menaati 5 M yaitu : memakai masker,menjauhi kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.dengan adanya aplikasi google class room sangat membantu guru dan peserta didik untuk tetap bisa belajar. Pelaksanaan pembelajaran dengan Google Classroom dapat mewakili kegiatan pembelajaran yang mana terdapat interaksi yang lancar antara guru dan peserta didik. Guru bisa mengirimkan tugas yang berbentuk foto,video, dokumen kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan di bahas,peserta didik juga bs mengirimkan tugas melaksanakan absen setiap hari,menyimak materi pembelajaran yang di sampaaikan oleh guru. Google class room memiliki fitur – fitur yang sangat membantu                  kegiatan virtual dalam pembelajaran daring seperti assignments, grading, communication, time-cost, archive course, mobile application, dan privacy.

 

Dalam materi pelajaran Gerak Dasar Tari Banyumas kelas X Saya berusaha memasukan semua materi pembelajaran, KI-KD, LKPD, alamat link youtub sebagai bahan apresiasi, Peserta didik dapat melacak setiap tugas yang hampir mendekati batas waktu pengumpulan di halaman tugas, dan mulai mengerjakannya         cukup                                        dengan              satu                    klik.

 

Guru dapat melihat dengan cepat siapa saja yang belum menyelesaikan tugas, serta memberikan masukan dan nilai langsung di Google Classroom. Untuk masuk ke dalam Google Classroom, pengajar dapat menambahkan peserta didik secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya. Apabila ada hal yang belum jelas peserta didik bisa mengajukan pertanyaan kepada Guru melalui kolom komentar. Dengan berinteraksi di kolom komentar. dalam waktu tertentu kami juga melakukan sinkronus dengan moda aplikasi google meet untuk memberikan contoh praktikum agar peserta didik dapat mengamati dan mempraktikan materi yang di berikan guru sehingga ada gambaran. Dengan adanya bantuan pulsa dari KEMENDIKBUD baik untuk pendidik maupun peserta didik diharapkan mampu mensuport demi kelancaran kegiatan KBM daring melalui aplikasi tersebut. Doa dan harapan semoga pandemi covet 19 segera berakhir, sehingga KBM luring kembali terlaksana. aamiin