SEKILAS INFO
29-11-2021
  • 1 tahun yang lalu /   Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegiatan dalam program kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum, yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender...
  • 1 tahun yang lalu / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMK NEGERI 3 BANYUMAS 2020/2021
16
Oct 2021

Microsof word 365 dalam pembelajaran Praktik Vokal

            Ditengah pandemi covit 19 yang melanda seluruh belahan dunia tentu saja sangat berpengaruh dalam semua kegiatan sosial dan ekonomi. Dengan diterapkanya kebijakan PPKM oleh Pemerintah pusat dan daerah baik skala makro maupun mikro, dengan berbagai tingkatan level tergantung perkembangan kasus positif pasien covit 19 didaerah masing-masing. Termasuk didalamnya adalah kegiatan belajar mengajar yang mengharuskan peserta didik belajar dari rumah masing-masing demi keamanan atau memutus mata rantai penyebaran firus covet 19.

Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik, faktor ekonomi menjadi alasan yang utama, atas pertimbangan tersebut Team managemen kurikulum SMK N 3 Banyumas berusaha menjebatani permasalahan tersebut agar tetap bisa melayani kegiatan belajar mengajar peserta didik dengan sebaik-baiknya. Salah satu solusinya adalah penggunaan aplikasi Ms 365 sebagai sarana kegiatan KBM. Semua materi pelajaran dibuatkan room kusus, pendidik tinggal memasukan materi dalam room tersebut dan melaksanakan KBM dan evaluasi belajar sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah ditentukan. Moda aplikasi tersebut dipilih tentunya dengan berbagai pertimbangan, salah satunya yaitu mudah diakses oleh peaserta didik dengan HP merk apapun yang penting berbasis android dan terkoneksi dengan jaringan internet. Moda aplikasi tersebut terbukti bisa memberi solusi KBM daring ditengah pandemi, dengan moda aplikasi tersebut diharapkan peserta didik tetap terlayani kegiatan belajaranya walaupun tingkat keterserapan materi tidak bisa maksimal, terutama materi-materi mata pelajaran Praktik seperti hasil kegiatan KBM ketika luring.

Dalam materi pelajaran Praktik Vokal kami berusaha memasukan semua materi pembelajaran, KI-KD, LKPD, alamat link youtub sebagai bahan apresiasi, dalam room mapel tersebut. Peserta didik tinggal masuk room mapel praktik vokal dan mempelajari materi yang ada, apabila ada hal yang belum jelas peserta didik bisa mengajukan pertanyaan kepada pendidik. Karena termasuk mapel praktik oleh karena itu dalam waktu tertentu kami juga melakukan sinkronus dengan moda aplikasi google meet untuk memberikan contoh praktikum agar peserta didik dapat mengamati dan mempraktikanya sehingga ada gambaran. Dengan adanya bantuan pulsa dari KEMENDIKBUD baik untuk pendidik maupun peserta didik diharapkan mampu mensuport demi kelancaran kegiatan KBM daring melalui aplikasi tersebut. Doa dan harapan semoga pandemi covet 19 segera berakhir, sehingga KBM luring kembali terlaksana.