SEKILAS INFO
14-08-2020
  • 5 bulan yang lalu / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMK NEGERI 3 BANYUMAS 2020/2021

Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan. Wayang kulit merupakan salah satu budaya Jawa yang telah diakui dunia (UNESCO), sebagai warisan budaya dunia yang memiliki nilai adi luhung dan budi pekerti. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia, wajib melestarikan kesenian wayang kulit. Seni pedalangan merupakan salah satu progam studi unggulan di SMK Negeri 3 Banyumas.

Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan seni tidak hanya di sekolah non formal namun juga di sekolah formal, sebagai sarana mempertahankan dan mengembangkan seni pedalangan khususnya gaya Banyumas. Seni Pedalangan SMK Negeri 3 Banyumas didukung dengan tenaga pendidik yang terampil dan kompeten dibidangnya.

Dukungan sarana dan prasarana yang memadahi serta pengembangan fasilitas pembelajaran terus ditingkatkan, meskipun demikian standar peralatan pembelajaran Seni Pedalangan SMK Negeri 3 Banyumas lebih dari cukup. Lulusan Seni Pedalangan SMK Negeri 3 Banyumas siap memasuki lapangan kerja sektor formal dan informal serta mengembangkan sikap profesional. Menjadi tenaga kerja Seni Pedalangan tingkat menengah (madya) untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri seni, khususnya Seni Pedalangan pada saat ini dan masa yang akan datang. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.